Waspadai Overtraining (Latihan Berlebihan)

Waspadai Overtraining (Latihan Berlebihan)

Waspadai Overtraining (Latihan Berlebihan)

Waspadai Overtraining (Latihan Berlebihan)

Jika Anda merasa lelah sehabis latihan dalam waktu yang lama, bisa jadi Anda mengalami overtraining. Waspadai overtraining (latihan berlebihan) karena dampaknya berbahaya bagi kesehatan. Ciri-ciri umum overtraining adalah :

  • Letih, nyeri otot (pegal-pegal)
  • Susah konsentrasi
  • Detak jantung semakin lama semakin meningkat, ditambah dengan tanda-tanda overtrained lainnya, itu akan menimbulkan perasaan jantung berdebar. Jantung Anda berdebar-debar tidak seperti biasanya. Jantung harus berdenyut lebih cepat supaya bisa mengcover kebutuhannya.
  • Susah tidur. Jika Anda masih memaksakan untuk terus berlatih meski sebenarnya ciri-ciri awal sudah terlihat maka selanjutnya Anda akan mengalami sulit tidur dan bahkan sering terbangun di malam hari. Sulit tidur ini dibarengi dengan kencing sedikit dan berwarna gelap, berbusa, dan bau.
  • Dehidrasi, semakin parah dehidrasi yang dialami, kelopak mata bawah menjadi cekung dan berwarna gelap, lidah kering, serta mulut berbau tidak sedap. Semua itu akan semakin parah jika Anda bekerja di luar ruang yang membuat Anda terkena sinar matahari langsung dan tidak mendapat minum yang cukup.

Apabila mengalami ciri-ciri diatas namun anda tetap memaksakan diri terus berlatih rutin seperti biasa dan tidak ada yang mendampingi atau mengawasi sehingga tidak ada yang meminta anda untuk berhenti. Maka dehidrasi akan semakin parah, jantung berdebar semakin cepat, dan tekanan darah semakin turun.

Karena tidak ada lagi yang bisa dipompa, bahkan sudah mulai ada tanda-tanda gangguan keseimbangan. Karena dehidrasi, otot-otot dan jaringan ikatnya jadi tidak bisa berkoordinasi dengan baik. Selain itu juga yang bersangkutan akan merasakan tenaganya itu menjadi turun sekali. Dampak yang lebih parah lagi adalah ketika Anda tidak menerima asupan makanan yang cukup, terutama karena Anda ingin menurunkan berat badan. Sejak awal Anda sudah membatasi asupan makanan.

Ini sering terjadi, ditambah lagi tidak berani makan yang mengandung garam dan jarang minum. Jika ini terus terjadi bisa saja syok dan dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal, yang disebut sebagai gagal ginjal akut, karena kekurangan cairan.

Berbahaya? Pasti! Jantung Anda tidak mampu lagi memompa, tekanan darah turun drastis, dan ginjal sudah tidak mampu lagi berproduksi akibat sedikitnya cairan dalam tubuh. Jika sudah begini Anda memerlukan perawatan di rumah sakit. Tidak hanya perawatan, tapi juga pendampingan psikologis.

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini