Tips Tetap Bugar Saat Bekerja

Tips Tetap Bugar Saat Bekerja

Tips Tetap Bugar Saat Bekerja

Tips Tetap Bugar Saat Bekerja

Secara nggak sadar ternyata banyak banget penyakit yang bisa timbul karena pekerjaan kita sehari-hari. Mulai dari jari yang terasa kaku, mata cepat lelah, sering merasa pusing, hingga pinggang dan bahu pegal-pegal. Ternyata salah satu penyebabnya adalah faktor ergonomis di lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan standar kesehatan bagi pekerja. Ayo..kita cari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan dan keamanan di kantor supaya lebih bugar di tempat kerja dan produktivitas kita ikut meningkat.

Umumnya, pekerja kantoran sering mengeluhkan bahaya ergonomis yang disebabkan oleh pengaturan area kerja yang salah. Apalagi pekerja kantoran, tuh, lebih banyak duduk di depan komputer dan mengetik. Risikonya bervariasi, tapi yang paling sering adalah repetitive motion injury atau gangguan kesehatan disebabkan oleh pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Misalnya pemakaian keyboard atau mouse dalam jangka waktu lama dalam posisi salah. Hal ini akan menyebabkan jari-jari tertekuk dan menghambat sirkulasi darah. Awalnya mungkin kita cuma merasa nyeri, tapi kalau dibiarkan bisa terjadi Carpal Tunnel Syndrome (CTS) atau gangguan kesehatan pada pergelangan tangan akibat pembengkakan pada saraf-saraf di sekitarnya. Selain itu kalau kita sering salah posisi dalam membawa barang-barang berat, misalnya sering mengambil document folder dari bawah kolong meja dengan posisi membungkuk, bantalan di tulang belakang bisa menekan saraf sehingga menyebabkan kelumpuhan—akibatnya sangat-sangat serius!

Berikut beberapa tips tetap bugar saat bekerja, ada beberapa hal yang harus kita rubah :

  • Usahakan area kerja kita cukup luas—antara jarak meja, monitor, dan kursi yang diduduki.
  • Gunakan prinsip bahwa benda yang paling sering digunakan selalu berada di dekat kita dan usahakan bekerja senatural mungkin sesuai posisi alamiah tubuh.
  • Idealnya, monitor komputer menempati bagian tengah meja kerja dan dikelilingi ATK yang benar-benar kita butuhkan, seperti pulpen, kertas, serta telepon kantor.
  • Atur sudut layar sejajar mata dan setel ketinggian kursi untuk mengimbangi posisi meja.
  • Mengistirahatkan mata kalau kita sering melakukan pekerjaan di depan komputer.
  • Lakukan juga variasi dalam pekerjaan untuk meminimalisasi kondisi kesehatan yang salah di tempat kerja, misalnya berkeliling kantor ketika sedang tidak mengetik atau relaksasi dengan cara stretching.

 

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini