Tips Atur Napas Saat Lari

Tips Atur Napas Saat Lari

Tips Atur Napas Saat Lari

Tips Atur Napas Saat Lari

Mengatur napas saat berlari sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada kemampuan kita untuk berlari dengan jarak tertentu, apalagi saat lari jarak jauh harus pandai mengatur napas dan yang terpenting adalah harus dilatih. Pada dasarnya adalah memasok oksigen ke dalam tubuh karena otot butuh oksigen lebih banyak saat berlari. Oleh karenanya, banyak pelari lomba yang kehabisan napas hingga pasokan oksigen ke otot terhenti, dan akhirnya memutuskan berhenti berlari. Berikut tips atur napas saat lari agar tidak kehabisan napas sebelum sampai finish :

 

Bernapaslah lewat mulut

Bernapas lewat mulut bisa mendapatkan lebih banyak oksigen dibandingkan Anda menggunakan hidung. Di samping itu, cara ini juga bisa membuat karbondioksida keluar dalam jumlah banyak

Gunakan pernapasan perut

Rahasia pelari maraton bisa menempuh jarak lari yang panjang adalah karena mereka menggunakan pernapasan perut. Mereka bernapas dari perut, bukan dada mereka. Untuk mendapatkan kemampuan ini, Anda harus melatihnya dulu. Cara merasakan napas anda adanya gerakan dalam perut Anda.

Ambil napas pendek dan dangkal

Bernapas pendek bukan hanya membuat ‘hemat’ napas yang Anda miliki. Tapi juga membuat lebih mudah diatur, sehingga seorang pelari akhirnya bisa berlari lebih jauh.

Sesuaikan irama napas

Anda harus mengikuti ini karena inilah indikator cara bernapas sudah benar dan efektif. Dan tak perlu melihat orang lain. Karena setiap orang berbeda-beda kemampuannya, semisal ada yang tiga langkah baru menarik napas, tapi ada juga yang dua langkah sudah mengambil napas. Yang manakah Anda? Pastikan semua itu sudah sesuai dengan irama napas.

Jangan paksakan diri

Jangan dipaksakan bila anda merasa sudah tidak kuat berlari. Turunkan saja kecepatan anda, sekalipun berjalan nantinya. Fokuskan saja pada kemudahan napas yang Anda dapatkan. Untuk mengukurnya, Anda bisa mengetesnya dengan tes berbicara. Bila Anda tidak bisa bicara dan masih terengah-engah, berarti Anda masih perlu menurunkan kecepatan lari Anda.

 

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini