Persiapan Sebelum Anak Olahraga Lari

Persiapan Sebelum Anak Olahraga Lari

Persiapan Sebelum Anak Olahraga lari

Persiapan Sebelum Anak Olahraga lari

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang sederhana dan murah. Dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai olahraga yang satu ini. Di sekolah olahraga lari masuk dalam kurikulum penjas, sehingga setiap anak wajib mengikutinya. Sebelum melakukan olahraga lari alangkah baiknya dipersiapkan terlebih dulu agar anak tetap nyaman saat olahraga lari. Berikut adalah beberapa persiapan sebelum anak olahraga lari :

Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Pilih pakaian yang nyaman untuk si kecil berolahraga lari, yang memungkinkan udara keluar masuk, serta menyerap keringat dengan baik. Jangan biarkan si kecil lari dengan baju kebesaran/kekecilan karena bisa menghambat atau mengganggu gerakannya.

Gunakan sepatu olahraga yang memang khusus untuk lari. Banyak orang tidak terlalu memerhatikan hal ini dan menganggap semua jenis sepatu olahraga berfungsi untuk olahraga lari. Pakai kaos kaki untuk melindungi antara gesekan kaki dengan sepatu. Kaus kaki juga berguna sebagai bantalan saat kaki melakukan banyak aktivitas.
Kaus kaki yang diperuntukkan olahraga biasanya di bagian tumitnya lebih tebal dibandingkan bagian jari-jari.
Sesuaikan juga panjang kaos kaki dengan lokasi lari. Kalau lari dilakukan di aspal atau semen, Anda bisa memilih kaus kaki pendek. Sedangkan kalau aktivitas lari lebih banyak dilakukan di area yang berumput, pilihlah kaos kaki yang lebih panjang untuk menghindarkan kulit dari gesekan rumput.

Atasi dulu masalah kaki anak

Sebelum membiarkan anak berolahraga lari, perhatikan terlebih dulu kondisi kakinya. Apakah kaki anak bermasalah atau tidak. Jika iya, usahakan selesaikan dulu masalahnya. Karena kalau tidak, kaki berisiko tinggi cedera. Misalnya, kaki tidak sama panjang. Anda dapat mengatasinya dengan memberi ganjalan sol (insole) di sepatu larinya, pada bagian kaki yang lebih pendek. Ini sangat membantu kerja kaki sehingga seluruh permukaan sendi di kedua kaki terpakai dengan sempurna.

Perhatikan ikatan tali sepatu

Jangan mengikat tali sepatu si kecil terlalu keras atau terlalu kendor. Ikatan harus pas dengan kondisi kaki, bukan dipaskan dengan kondisi sepatu.
Ada beberapa anak yang punggung kakinya gemuk, ada juga yang kecil dan normal.Nah, untuk punggung kaki yang gemuk, pengikatan tali sepatu harus lebih longgar atau dengan mengubah pola pengaplikasian tali. Yakni, di bagian punggung kaki yang gemuk, tali tidak disilangkan melainkan langsung lompat ke lubang di atasnya.

Siapkan minuman

Untuk pelari profesional memang tidak disarankan memegang botol minum selama berlari, karena itu bisa memengaruhi gerakan, menambah bobot, mengganggu konsentrasi, dan mengurangi kecepatan.

Tapi untuk anak, jika terpaksa, boleh saja. Asal, ukuran botol tidak terlalu besar dan bentuknya sederhana.

Lalu minuman apa yang disarankan? Air putih saja, jangan jenis minuman lain. Air putih lebih mudah diserap tubuh untuk mengganti cairan yang hilang saat berolahraga.

 

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini