Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Vegan (Vegetarian)

Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Vegan (Vegetarian)

Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Vegan (Vegetarian)

Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Vegan (Vegetarian)

Vegetarian sudah ada sejak 2000 sebelum masehi pada masyarakat India.  Sekarang ini sudah banyak orang yang memilih vegetarian dengan alasan untuk kesehatan. Ada tiga tipe vegetarian,

  • vegan, yakni tidak mengonsumsi sama sekali pangan hewani dan produk olahannya, termasuk telur, susu, dan keju.
  • lakto-vegetarian, yakni vegetarian yang masih mengonsumsi susu (lakto : susu),
  • lakto-ovo-vegetarian, yakni vegetarian yang masih mengonsumsi susu dan telur (ovo : telur).

Vegetarian memiliki banyak manfaat namun juga banyak risiko yang bisa berdampak buruk terhadap seseorang. Banyak orang saat ini, bila ingin menjadi vegetarian, secara ekstrim langsung menghentikan konsumsi makanan yang berasal dari pangan hewani. Ada baiknya bila mendalami secara baik apa itu vegetarian, apa keuntungan dan kerugiannya, dan siasat apa yang harus dilakukan supaya mengurangi efek kerugian yang ditimbulkannya, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pola makan vegetarian.

Keuntungan menjadi vegetarian:

  1. Menerapkan gaya hidup sehat. Pola makan vegetarian berarti mengurangi asupaan lemak dengan kolesterol, nutrisi dan vitamin dari sayuran dan buah segar membuat tubuh lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.
  2. Menyehatkan kulit. sayuran dan buah kaya akan antioksidan dan mineral yang bisa menjaga kesehatan kulit kita
  3. Mengurangi berat badan. Buah dan sayur membuat perut kenyang lebih lama namun rendah kalori
  4. Mendapatkan asupan makanan bergizi. Pola makan vegetarian mencegah asupan kolesterol dan lemak tinggi, protein yang banyak terkandung dalam daging diganti dengan protein dari kedelai yang lebih aman bagi kesehatan.

Kekurangan menjadi vegetarian:

Rentan mengalami defisiensi nutrisi. Hal ini disebabkan oleh ada beberapa zat gizi yang banyak terdapat pada bahan makanan sumber hewani, seperti vitamin B12, seng, besi, kalsium. Vitamin B12 banyak terdapat pada hati, telur, susu dan produk olahannya. Vitamin ini sangat berfungsi dalam regulasi sintesis DNA dan pembentukan sel darah merah sehingga bila terjadi defisiensi dapat mengakibatkan anemia. Seng bersumber pada hati, telur, kerang, dan fungsinya sebagai kofaktor berbagai enzim untuk sebagian besar prose metabolisme tubuh.

Zat besi banyak terdapat pada daging sapi, daging kambing, hati, kerang. Zat besi yang terdapat dalam bahan makanan sumber hewani adalah zat besi heme yang memiliki bioavalibilitas lebih tinggi dibandingkan dengan zat besi nonheme yang banyak terdapat pada bahan makanan sumber nabati. Fungsi dari zat besi adalah sebagai pembentuk sel darah merah. Kalsium banyak terdapat pada susu, keju, ikan. Kalsium selain penting untuk kesehatan tulang, juga sangat diperlukan dalam keseimbangan proses metabolisme tubuh.

Apapun pilihan anda, menjadi vegetarian atau tidak yang penting adalah Pola asupan diet dengan gizi seimbang, olah raga yang baik dan benar, serta istirahat yang cukup. Gizi seimbang yang dimaksud adalah tercukupi kebutuhan nutrisi seseorang sesuai dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, tingkat aktivitas fisik, dan tingkat stres. Pengaturan menu dengan metode gizi seimbang dapat Anda konsultasikan lebih lanjut kepada dokter gizi Anda.

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini