Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Setelah Nge-gym

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindri Setelah Nge-gym

Kebiasaan Buruk Yang harus Dihindari Setelah Nge-gym

Kebiasaan Buruk Yang harus Dihindari Setelah Nge-gym

Siapa pun yang telah menyelesaikan jadwal latihan dengan rutin patut merasa bangga.  Anda berhak memuji diri Anda sendiri karena berhasil bertahan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari Anda lakukan usai latihan.

Jika memang Anda ingin membesarkan otot, menurunkan berat badan, atau apa pun rencana Anda, Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda lakukan di luar gym setelah latihan. Yang akan dibahas disini adalah mengenai asupan nutrisi, hidrasi, hingga masalah higienitas. Jangan biarkan semua usaha Anda di gym rusak akibat hal sepele. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah nge-gym

1. Tidak Melakukan Pendinginan

Tidak melakukan pendinginan sama buruknya dengan tidak melakukan pemanasan. Gerakan ringan dengan intensitas 20% setelah latihan akan membantu melancarkan sirkulasi tubuh Anda dan mempercepat proses pemulihan.

Ada alasan kenapa mesin treadmill memiliki mode “cool down”. Ketika Anda latihan, katakanlah usaha Anda sebesar 8 dari 10 dan tubuh Anda butuh bantuan untuk kembali ke posisi 1 dari 10. Berhenti secara tiba-tiba saat aktivitas fisik dapat darah berkumpul di kaki, tekanan darah menurun, dan Anda bisa langsung merasa pusing.

Salah satu bentuk pendinginan yang dapat Anda lakukan saat berlari adalah dengan perlahan turunkan kecepatan lari Anda, kemudian berjalan kaki selama tiga hingga lima menit – atau lebih jika Anda latihan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Saat latihan beban, pendinginan menjadi lebih penting. Coba lakukan peregangan dinamis seperti walking lunges atau melakukan pose yoga.

2. Masih bertahan dengan baju penuh keringat

Kami mengerti bahwa baju berbahan polyester yang Anda kenakan untuk latihan sangat nyaman dipakai. Tak jarang Anda membiarkan baju menempel di badan berjam-jam setelah latihan – meskipun bau. Masih memakai baju penuh keringat dan membiarkannya hingga kering adalah kesalahan yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga.

Keringat yang menumpuk di kulit akan menyumbat pori-pori Anda, membuat kulit Anda tak bisa bernapas.

Jika Anda memiliki luka di kulit, bakteri akan terjebak di sana dan dapat menyebabkan infeksi. Dan jangan pula menggunakan kembali perlengkapan olahraga yang belum dicuci. Anda akan terkena infeksi karena jamur dan bakteri, terutama di area yang terdapat rambut. Bakteri dan jamur dapat berjalan melalui rambut hingga ke akar, menyebabkan infeksi yang lebih dalam.

Sebaiknya, selepas latihan – dan tentu saja termasuk menyelesaikan pendinginan – langsung lepas pakaian Anda dan pergi mandi. Usahakan mandi menggunakan air dingin untuk membantu Anda mempercepat proses pemulihan.

3. Berjalan telanjang kaki

Memang kelihatannya sepele dan mungkin sering Anda lakukan. Namun ini adalah kebiasaan buruk dengan konsekuensi yang cukup menjijikan. Kecuali jika Anda menyukai jamur di kaki, kutil, dan apa pun itu yang dapat menempel di lantai yang lembab (kotoran, bakteri, bahkan urin).

Jadi siapkan sendal jepit dari rumah dan pakai saat Anda pergi ke tempat mandi. Sehabis mandi, langsung keringkan kaki Anda dengan handuk bersih hingga ke jari-jari kaki Anda.

4. Konsumsi protein secara berlebihan

Otot adalah sekumpulan protein. Jadi jika Anda ingin otot lebih besar dan kuat, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi. Seseorang yang sedang menambah massa otot terkadang mengonsumsi terlalu banyak protein saat makan, akibatnya kelebihan protein justru menjadi kalori yang disimpan sebagai lemak dan karbohidrat. Untuk itu sebaiknya konsumsi asupan protein sesuai dengan kebutuhan anda (konsultasikan dengan ahli gizi atau coach anda)

5. Tidak mengonsumsi cukup cairan

Poin ini sangat penting bagi atlet yang mengutamakan ketahanan tubuhnya, seperti atlet lari, sepeda, dan renang. Saat sesi lama dan intens, Anda dapat mengeluarkan keringat dalam jumlah yang luar biasa. Dan Anda wajib mengganti cairan yang hilang tersebut. Jika tidak, tentu saja akibatnya dehidrasi.

Untuk mengganti ion yang hilang, tambahkan makanan seperti buah-buahan atau minuman seperti jus, susu, atau sports drink yang mengandum kalium, natrium, dan magnesium yang bisa mengurangi kebutuhan cairan Anda sedikit-sedikit. Tidak hanya Anda akan merasa lebih baik karena cukup terhidrasi, Anda juga tidak akan makan secara berlebihan nantinya. Karena banyak orang terkadang bingung membedakan antara lapar dan haus.

6. Tidak istirahat

Saking semangatnya, Anda tidak pernah berhenti dan tidak bisa berhenti. Tujuh hari dalam seminggu Anda aktif di gym dan berharap tubuh six-pack segera Anda dapatkan. Tubuh Anda butuh hari libur untuk pemulihan.

Artinya, jika dalam satu hari Anda berlatih dengan intensitas yang tinggi, Anda butuh sekitar satu atau dua hari untuk pemulihan sebelum Anda mulai laithan dengan intensitas yang sama bahkan lebih. Dan jika Anda ingin menjaga hasil yang telah Anda dapat, Anda bisa mengurangi volume latihan Anda, bukan intensitasnya. Dengan kata lain, berlatih keras namun lebih jarang.

7. Terlalu banyak waktu istirahat

Di satu sisi, istirahat bukan berarti Anda dapat leha-leha duduk di sofa sambil bermain game atau menonton TV. Mungkin ketika Anda berpikir mengenai istirahat, Anda mengartikannya dengan berleha-leha, tidur, dan gak ngapa-ngapain. Sebaiknya anda mencoba kegiatan fisik yang ringan di masa pemulihan, hal ini penting untuk mengurangi risiko cedera akibat latihan secara berlebihan dan rasa bosan. Hal ini akan membuat Anda kembali segar secara fisik dan mental.

Agar kembali ke kondisi semula, darah harus lancar. Hal itu dapat dilakukan dengan active recovery. Gerakan-gerakan kecil sederhana seperti berjalan kaki dan menyuci mobil atau motor Anda dapat memberikan efek pemulihan yang baik pada tubuh Anda.

Anda juga bisa melakukan olahraga yang intensitasnya rendah, seperti bersepeda dengan kecepatan yang lebih pelan, mengayuh santai, dan brisk walking. Anda juga bisa menambah massage dan air hangat untuk memperlancar sirkulasi darah. Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kualitas tidur dengan waktu tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah nge-gym, salam sehat!!

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini