Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Setelah Bersepeda

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Setelah

Bersepeda

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Setelah Bersepeda

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Setelah Bersepeda

Banyak kebiasaan yang kita lakukan tanpa kita sadari akan mengurangi bahkan menghilangkan manfaat olahraga bersepeda kita. Kebiasaan apa saja itu? Berikut kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah bersepeda :

Langsung duduk

Setelah bersepeda jauh, duduk adalah godaan yang paling sering dialami. Sayangnya, hal itu justru berpotensi membuat kita mengalami kram atau pegal. Setelah berolahraga, terjadi peningkatan produksi asam laktat dalam darah. Duduk menyebabkan peredaran darah tidak lancar sehingga terjadi penumpukan asam laktat.

Solusi : Tetaplah berdiri dan melakukan pendinginan aktif, yaitu dengan melakukan gerakan sederhana, seperti berjalan di tempat.

Langsung mandi

Seringkali, tanpa disadari kita tergiur untuk langsung mandi karena badan gerah. Jika kerap melakukan itu, mulai kurangi kebiasaan tersebut. Mengguyur air dingin saat tubuh masih berkeringat akan membuat tubuh mengalami penurunan suhu secara mendadak dan membuat irama jantung menjadi pelan. Padahal, idealnya. setelah berolahraga, ritme jantung harus tetap di atas normal untuk memompa darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh otot tubuh yang baru saja bekerja keras.

Solusi : Beri waktu sekitar 10 – 20 menit – tergantung level, jarak, dan kecepatan bersepeda – untuk mendinginkan tubuh terlebih dahulu sebelum mandi.

Tidak langsung melepas baju bersepeda

Jangan biarkan tubuh kita berlama-lama mengenakan pakaian yang digunakan untuk bersepeda.

Selain keringat, pakaian itu juga terpapar dengan beragam bakteri dan kuman saat berada di luar ruangan yang berpotensi membuat tubuh mengalami infeksi, seperti infeksi saddle sores.

Solusi : Sebaiknya, sembari menunggu pendinginan tubuh, lepaskan baju atau ganti dengan pakaian bersih yang menyerap keringat.

Terlalu banyak makan setelah bersepeda

Ini mungkin kebiasaan yang juga sering dilakukan, begitu selesai bersepeda langsung meluncur ke meja makan dan melahap beberapa makanan.

Solusi: Makanlah dengan porsi normal sebelum bersepeda sehingga tidak akan kelaparan setelahnya. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak. Lebih baik pilih makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat yang mudah dicerna dan distribusikan ke sel Anda secepat mungkin.

Membiarkan sepeda tergeletak begitu saja

Sebagai pecinta olahraga bersepeda, tentu menyadari bahwa sepeda adalah peranti yang butuh perawatan. Jangan pernah meninggalkan sepeda begitu saja, apalagi dalam keadaan kotor, basah, dan terkena lumpur. Jika dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan komponen pada sepeda Anda cepat rusak.

Solusi : Sambil mendinginkan tubuh, bersihkan sepeda kesayangan. Jika memang terlalu kotor, cucilah dengan menggunakan sabun yang mengandung silikon, keringkan, dan simpan sepeda kembali di tempatnya.

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini