Cara Memilih Sepatu Untuk Lari

Cara Memilih Sepatu Untuk Lari

Cara Memilih Sepatu Untuk Lari

Cara Memilih Sepatu Untuk Lari

Banyaknya model/merk dan kecanggihan masing-masing sepatu membuat kita bingung untuk memilih bahkan hanya dengan melihat penampilan luarnya saja membuat kita tertarik untuk segera memilikinya. Tetapi, di luar penampilannya yang menarik, ternyata ada yang harus lebih diperhatikan, terutama bagi Anda yang baru mau mulai memasuki olahraga lari sebagai aktivitas rutin. Berikut cara memilih sepatu untuk lari :

Kenali karakteristik dan bentuk kaki 
Bentuk telapak kaki memiliki beberapa karakteristik sehingga sepatu harus disesuaikan karakteristik dan kontur kaki. Pemilihan sepatu yang tepat dapat memperkecil risiko cedera saat berlari dan membantu kita  berlari dengan nyaman. Pemeriksaan karakteristik kaki dapat dilakukan menggunakan footprint analyzer.

Untuk yang memiliki kaki dengan sudut kelengkungan normal pada sisi dalam telapak kaki (normal arch), disarankan untuk menggunakan sepatu yang memiliki sedikit sudut kelengkungan (stability shoes). Sepatu jenis ini memiliki sedikit sudut kelengkungan dan bantalan yang lebih tebal, sehingga memberikan kestabilan saat berlari.

Sementara untuk yang memiliki kaki dengan sudut kelengkungan yang kecil (flat foot), sepatu yang cocok adalah tipe motion control. Sepatu ini memiliki bantalan yang ekstra tebal sehingga memperkecil kemungkinan kaki tertekuk ke dalam.

Ada juga yang memiliki kaki dengan bagian tengah yang lebih tipis, sehingga tekanan ada di bagian tumit dan depan kaki. Sepatu yang cocok adalah jenis neutral shoes, karena karakteristik sepatu ini memiliki bantalan yang empuk di bagian depan kaki dan tumitnya.

Coba terlebih dulu sebelum membeli
Saat akan membeli sepatu olahraga, sebaiknya anda mencobanya dengan mengenakan kaos kaki yang sering Anda pakai saat berlari. Kemudian, lebih baik Anda mencoba lebih dari satu sepatu dan pilihlah yang paling nyaman di antara pilihan tersebut.

Saat mencoba sepatu yang hendak Anda beli, jangan lupa untuk mengenakan kedua sisi sepatu selama 10 menit. Dengan demikian Anda benar-benar yakin bahwa sepatu tersebut benar-benar nyaman untuk dikenakan.

Biasakan kaki dengan sepatu baru.
Satu lagi yang harus Anda ingat, apabila membeli sepatu baru, pakailah sepatu tersebut selama latihan sebelum menggunakannya pada saat lomba lari. Hal ini penting agar kaki dapat beradaptasi dengan bentuk sepatu baru tersebut.

 

© TotalFitnesID 2020. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini