Apa Itu “Bikram” Yoga?

Apa Itu “Bikram” Yoga?

Bikram Yoga

Bikram Yoga

Bikram yoga ataupun hot yoga memang jenis yoga yang berbeda bila dibandingkan dengan yoga yang lain. Salah satunya adalah dilakukan di ruangan dengan temperatur minimal 40 derajat Celcius. Tentunya dengan kondisi seperti ini, membuat kondisi badan ‘panas’ dan berkeringat luar biasa—walaupun tanpa gerakan sama sekali.
26 gerakan dan dilakukan dalam kurun waktu 90 menit, apakah kita bisa bertahan? Tentu saja, bisa jika kita mencermati aturan main bikram yoga berikut ini.

Adaptasi

Manfaatkan waktu beberapa menit sebelum memulai latihan lewat adaptasi dengan suhu ruangan. Caranya dengan melakukan pose savasana (dead body pose), bernapas perlahan dan menikmati alur masuk-keluar udara di tubuh Anda.

Aturan Minum

Usahakan minum maksimal dua jam sebelum memulai sesi latihan. Soalnya perut yang terisi air akan menimbulkan perasaan mual saat melakukan gerakan. Salah satu tip supaya tidak terserang rasa haus yang dahsyat saat latihan adalah meminum air beberapa jam jauh sebelum latihan dimulai.
Misalnya kita bakal latihan sore hari, nah dari pagi kita mulai mencicil asupan air. Sehingga tidak dehidrasi, kehausan ataupun rasa mual saat latihan.

Aturan Makan

Sama halnya dengan minum, kita juga harus membatasai asupan makan yang masuk beberapa jam sebelum latihan dimulai. Mungkin kita mengira harus mengisi energi supaya punya tenaga saat yoga.
Justru perut yang penuh membuat latihan tidak maksimal dan membuat mual. Kondisi yang sama terjadi saat kita minum air berdekatan dengan waktu latihan dimulai.

Kendalikan Rasa Panik

Di 30 menit pertama pasti ada perasaan panik, suhu yang panas, merasa susah mendapat udara segar, adalah perasaan yang timbul di awal-awal latihan. Ini adalah kondisi normal.
Perlu kita lakukan hanya tetap bernapas melalui hidung—bukan mulut. Bernapas normal dan tetap tenang. Jadikan 90 menit latihan ini sebagai momen dimana kita ‘berdialog’ dengan tubuh kita, terbebas dari pikiran lain dan menikmati ‘percakapan’ bersama diri sendiri.

Jangan Memaksakan Diri

Mustahil buat kita menguasai 26 gerakan yoga tersebut dalam sekali sesi latihan. Jangan takut untuk melakukan kesalahan dan jangan juga berambisi untuk melakoni gerakan yang sempurna.
Justru di yoga ini kita diminta untuk menurunkan ego, menantang kemampuan bukan untuk memperoleh kemenangan melainkan menguji diri sendiri. Tidak menyerah dan berani mencoba. Di pertemuan ke sekian tanpa sadar kita akan terkejut sendiri begitu menyadari ternyata kita cukup tangguh karena berhasil melakukan suatu gerakan dengan sempurna.

© TotalFitnesID 2019. Hak Cipta Dilindungi

Paste your AdWords Remarketing code here

Daftar Pesanan Anda

Anda belum menambahkan produk.

SUBTOTAL
Rp

Belum termasuk ongkir

Rp

Data Pengiriman

Nama lengkap anda

Nomor telepon atau WhatsApp yang dapat dihubungi.

Email untuk mengirim pemberitauan dan informasi. Tidak wajib diisi.

Alamat tujuan pengiriman.

Pesanan Sudah Tersimpan

Terimakasih sudah membeli di toko kami. Pesanan anda sedang kami proses.

Silahakan tunggu konfirmasi kami mengenai pembayaran dan ongkos kirim.

Kami akan segera menghubungi anda melalui kontak yang sudah anda cantumkan.

Atau anda dapat mempercepat prosesnya dengan menghubungi kami.

Chat Via WhatsApp Klik Disini
Chat Via WhatsAppKlik Disini